Membuat taman sederhana di depan rumah kita sendiri tidak harus memerlukan lahan yang luas. Kita bisa meminimalisir lahan untuk dijadikan sebuah taman sederhana. Tidak hanya untuk memperindah, lahan depan rumah juga bisa untuk taman sehat dan sebagai salah satu syarat rumah sehat. Dengan banyak tanaman di depan rumah bisa menciptakan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik.

Anda tidak harus seseorang yang ahli dalam bidang pertanaman. Yang perlu diketahui adalah imajinasi Anda untuk menciptakan suasana yang indah sesuai keinginan. Rerumputan, batu, juga tanaman/bunga kecil sangat wajib untuk ditempatkan di taman sederhana kita nantinya. Unsur alami harus lebih ditonjolkan untuk menambah keindahan juga membuat rumah tampak lebih hidup.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat taman sederhana di rumah Anda. Besar kecil atau luas sempitnya lahan di rumah harus dipertimbangkan dengan matang sebelum Anda membuat taman. Jika mempunyai lahan yang luas adalah suatu keuntungan lebih buat rumah kita. Kita bisa membuat taman yang luas yang bisa dijadikan tempat bermain untuk anak-anak. Lahan yang luas juga bisa menampung banyak aneka tanaman yang kita inginkan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat taman sederhana dirumah Anda, berikut tips yang mungkin bermanfaat :

Lahan Atau Area Dirumah

Besar kecil atau luas sempitnya lahan dirumah Anda harus dipertimbangkan dengan matang sebelum Anda membuat taman. Jika mempunyai lahan yang luas adalah suatu keuntungan lebih buat rumah kita. Kita bisa membuat taman yang luas yang bisa dijadikan tempat bermain untuk anak-anak juga bisa ditempatkan gasebo untuk pertemuan keluarga. Lahan yang luas juga bisa menampung banyak aneka tanaman yang kita inginkan.

Untuk lahan yang luas kita bisa menanam tanaman yang sedang juga bisa besar untuk memberi keteduhan buat rumah juga buat taman itu sendiri. Bisa juga dikonsep sebagai taman bermain untuk anak. Buat yang suka acara rame-rame, bisa mempergunakan lahan itu dengan menaruh meja dan kursi taman untuk acara kumpul-kumpul teman, relasi juga keluarga. Juga bisa membuat kolam ikan untuk menambah keasrian dan kesan alami dirumah.

Bagi yang tidak mempunyai lahan yang luas tidak usah iri, tanaman kecil seperti bunga warna-warni cocok untuk ditanam dilahan yang kurang luas. Diusahakan tidak menanam tanaman yang besar yang nantinya akan memakan tempat dilahan yang sempit. Rumput dan batu-batu kecil bisa menjadi solusi utama untuk ditempatkan ditaman. Jika ingin membuat kolam ikan, disarankan membuat yang kecil atau ditempatkan dibagian pojok lahan.

Tema Dari Taman

Tema taman sebaiknya disesuaikan dengan desain rumah Anda, atau dengan keinginan pemilik rumah tersebut. Jika lahan terbatas bisa menggunakan tema modern minimalis yang mengutamakan bermacam-macam tanaman yang mengedepankan warna-warna cerah juga bermacam-macam warna.

Untuk lahan yang luas bisa menggunakan tema klasik dan tradisional tropis yang mengutamakan keseragaman tanaman juga tanaman sedang sampai besar. Tanaman buah sesuai dengan tema ini, seperti mangga, sawo, klengkeng dan sebagainya.

Tata Letak Yang Tepat

Taman biasanya ada didepan rumah, ada juga ada disamping rumah. Untuk yang didepan rumah biasanya dekat dengan carport karena lahan yang tersisa itu. Tanaman yang cocok yang bisa menyerap gas karbon dengan cepat agar tidak mengganggu kesehatan didalam rumah. Yang mempunyai lahan disamping rumah, tanaman bisa ditempelkan ditembok untuk menambah banyak tanaman yang ada, tanaman yang digantung dalam pot atau ditempatkan dipipa-pipa air akan menambah cantik tanaman itu.

Memperhatikan Saluran Air Atau Drainase

Hal ini sangat wajib untuk diperhatikan, karena drainase berfungsi untuk menyalurkan air yang terbuang dari taman menuju tempat saluran air. Konsep penataan saluran air harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari bahaya genangan air ditaman dan juga diarea rumah kita. Membuat saluran air atau drainase harus benar-benar direncakana dengan matang dengan memperhatikan tinggi rendahnya lahan yang akan kita buat lahan sebagai taman.